Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Inilah Fenomena Alam Langka yang Terjadi Hanya di Satu Tempat di Dunia

Ada banyak misteri dan rahasia yang tersimpan di alam semesta ini, bahkan manusia tidak mengetahuinya. Mungkin rahasia tersebut bisa mengagumkan atau malah mengerikan bagi kita semua, hal yang terjadi di muka bumi ini disebut juga sebagai fenomena alam.

Fenomena alam sendiri memang terkadang memukau mata karena keindahannya, memang kerap terjadi di di berbagai tempat di berbagai dunia. Biasanya memang fenomena yang terjadi cukup menegangkan karena belum pernah terjadi di sebelumnya.

Bisa dibilang sebagai hal langka, memang unik fenomena yang kerap terjadi dan pastinya akan dimanfaatkan juga sebagai tempat destinasi wisata oleh manusia. Lalu apa saja fenomena alam yang terjadi hanya di satu tempat di dunia?

Tahukah Anda apa jawabanya? Jika belum mari kita cari tahu bersama, pada penjelasan singkat berikut ini.

 

1. Fenomena Aurora Borealis

Aurora Borealis merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi di daerah kutub selatan dan utara. Nantinya langit seperti di hiasi cahaya yang sangat dan menakjubkan, cahaya tersebut akan menghiasi langit seperti berwarna hijau.

Penyebab dari adanya aurora karena adanya tabrakan antara partikel dengan muatan listrik, nitrogen dan gas karbon. Langit berwarna-warni ini akan terjadi ketika malam hari, jika Anda ingin melihat fenomena ini ada di daerah Islandia, Norwegia, Finlandia, Kanada, dan lainnya. 

 

2. Fenomena Bioluminescence

Bioluminescence merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi di lautan, proses terjadinya hal ini karena emisi cahaya dari makhluk hidup. Kunang-kunang menjadi penyebab adanya Bioluminescence.

Sedangkan laut sendiri disebabkan dari adanya bakteri, ganggang atau plankton, dan ubur-ubur, jika ingin menyaksikan fenomena ini ada di Thailand tepatnya di Ton Sai, Krabi, Thailand. Ketika malam hari lautan akan dihiasi oleh warna biru seperti sinar.

 

3. Fenomena Moonbow

Jika pada umumnya pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari. Namun berbeda halnya dengan fenomena moonbow yang terjadi di air terjun victoria letaknya ada di Zambia dan Zimbabwe, negara Afrika.

Ketika adanya bulan purnama, air terjun tersebut menghasilkan cahaya yang sangat indah. Moonbow terjadi karena adanya pantulan cahaya bukan dari matahari melainkan dari bulan, Anda bisa melihat langsung pemandangan ini, yang perlu menempuh jarak 15,3 kilometer dari bandara Harry Mwanga zambia untuk ke air terjun victoria.

 

4. Fenomena Sort Sol 

Sort Sol adalah nama lain dari matahari hitam, namun bukan cahaya matahari yang dihasilkan berwarna hitam. Melainkan karena saat bulan maret sampai april, ratusan burung terbang di langit ketika sudah mulai senja.

Oleh karena itu burung yang menghalangi cahaya matahari, membuatnya menjadi hitam. Tempat terjadinya fenomena ini ada Denmark, lebih tepatnya dekat dengan rawa-rawa Ribe dan Tonder, gerombolan burung ini biasanya akan mencari tempat untuk tidur malam hari.

 

5. Fenomena Sailing Stone

Sailing stone merupakan batu bergerak yang ada Death Valley, Amerika Serikat menjadi salah satu fenomena yang sangat menakjubkan. Batuan ini ada pada ujung lintasan, yang seolah-olah dapat bergerak berpindah tempat.

Mengapa begitu, karena dilihat dari garis bekas garis yang memanjang, bahkan hingga sekarang ini belum ada penjelasan mengenai fenomena yang satu ini. Bukan karena manusia yang memindahkannya karena tidak ditemukan jejaknya.

Peneliti menyebutkan bahwa bisa jadi batu bergerak itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti lapisan tanah yang tipis, angin atau lainnya.

 

6. Fenomena Gunung Pelangi

Fenomena ini ada di Zhangye, China yang tidak akan ditemukan di tempat manapun, karena termasuk fenomena yang langka. Gunung ini akan terlihat seperti gambar lukisan karena sangat indah.

Dinamakan juga sebagai gunung berwarna, menurut ahli geologi mengatakan bahwa semua batuan yang berwarna yang menjadi lempengan tektonik, terbentuk dalam waktu yang cukup lama sekitar 24 juta tahun.

 

7. Fenomena Gelembung Beku

Di Daerah Kanada, Abraham Lake ada fenomena langka yang terjadi yaitu gelembung beku di bawah lapisan lapisan es. Gelembung beku disebabkan karena adanya gas metana, bentuk gelembungnya sangat unik.

 

Bukankah sangat menakjubkan fenomena yang ada di dunia ini, semuanya terjadi begitu saja secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Mungkin, hanya itu penjelasan yang dapat kami berikan mengenai fenomena alam yang terjadi hanya di satu tempat di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot