Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

KISI-KISI MATERI TES SELEKSI PPG TAHUN 2022 UNTUK GURU MATEMATIKA

ppg guru matematika

Menjelang pelaksanaan seleksi PPG tahun 2022, tentu terdapat kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022. Kisi-kisi materi tersebut diharapkan dapat menjadi referensi untuk mendalami materi dengan lebih baik lagi.

Meski begitu materi soal yang akan keluar tidak sama persis, namun kisi-kisi materi ini dapat membantu Anda belajar sebelum tes dimulai. Jadi kisi-kisi sangat penting bagi para peserta yang mengikutinya.

Berikut terdapat kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika. Penasaran, apa saja kisi-kisi materinya? Mari ketahui bersama-sama secara lengkap di bawah ini.

1. Materi Tentang Sikap Cinta Tanah Air

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang pertama yaitu materi sikap cinta tanah air. Materi sikap cinta tanah air ini terbagi menjadi 6 (enam) bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

» Materi Sikap Nasionalisme
Pada materi ini berisi tentang kepedulian, kesetiaan, dan penghargaan yang cukup tinggi pada bahasa, sosial, ekonomi, budaya, dan politik negerinya. Serta mempertahankan persatuan, kesatuan, dan kepentingan serta keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.

» Materi Sikap Patriotisme
Pada materi ini berisi tentang menjunjung tinggi keunggulan bangsa Indonesia dan mengembangkan sikap rela berkorban demi kepentingan negara dan bangsa.

» Materi Sikap Menghargai Perbedaan
Pada materi ini berisi tentang menciptakan persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan.

» Materi Sikap Mengutamakan Kepentingan Bersama
Pada materi ini berisi tentang mengkarakteristikkan keputusan yang diambil harus bisa dipertanggungjawabkan secara moral terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan kepentingan bersama.

» Materi Sikap Mempertahankan Kekayaan Alam Indonesia
Pada materi ini berisi tentang mempertahankan kekayaan alam Indonesia.

» Materi Mengapresiasi Kekayaan Budaya Bangsa Lain
Pada materi ini berisi tentang mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia.

 

2. Materi Tentang Sikap Berwibawa, Tegas, Disiplin, Penuh Panggilan jiwa, dan Samapta

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang kedua yaitu materi Sikap Berwibawa, Tegas, Disiplin, Penuh Panggilan jiwa, dan Samapta ini terbagi menjadi 5 (lima) bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

» Materi Sikap berwibawa
Pada materi ini berisi tentang menunjukkan keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan. Serta mengembangkan pribadi yang taat serta menghormati hukum dan aturan.

» Materi Sikap Tegas
Pada materi ini berisi tentang mengatakan benar atau salah sesuai dengan yang sebenarnya dan menampilkan perilaku yang bijaksana meskipun dalam situasi yang sulit dalam proses mendidik, mengajar, maupun membimbing.

» Materi Sikap Disiplin
Pada materi ini berisi tentang memberikan penghargaan atau hukuman kepada peserta didik sesuai tata tertib sekolah.

» Materi Sikap Penuh Panggilan Jiwa
Pada materi ini berisi tentang menampilkan sikap senang dan nyaman dalam proses mendidik, mengajar, maupun membimbing.

» Materi Sikap Samapta
Pada materi ini berisi tentang menunjukkan sikap kesiapsiagaan dalam proses mendidik, mengajar, maupun membimbing.

3. Materi Tentang Sikap Sepenuh hati dan Kemurahhatian

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang ketiga yaitu materi Sikap Kesepenuhhatian dan Kemurahhatian ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

» Materi Sikap Sepenuh hati
Pada materi ini berisi tentang menampilkan tanggapan sebagaimana
yang dihayati peserta didik dan merancang berbagai usaha guna menuntaskan pekerjaan dalam mendidik.

» Materi Sikap Kemurahhatian
Pada materi ini berisi tentang menunjukkan kepedulian yang tinggi pada kebutuhan peserta didik, mendeteksi situasi yang membutuhkan bantuan, dan mendemonstrasikan sikap tanggung jawab pribadi terhadap situasi yang membutuhkan bantuan.

4. Materi Pengembangan Indikator Pencapaian KD

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang keempat yaitu materi Pengembangan Indikator Pencapaian KD ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

» Materi Pengembangan Indikator HOTs
Pada materi Pengembangan Indikator HOTs berisi tentang penentuan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD pada level analisis, proses berpikir mengevaluasi, level proses berpikir mencipta, dan level penalaran.

» Materi Tentang Pengembangan Indikator Tujuan Pembelajaran yang Mendukung Keterampilan Matematis
Pada materi ini berisi tentang menentukan rumusan tujuan pembelajaran berbasis Audience, Behavior, Condition, Degree (ABCD) guna mengembangkan kemampuan berpikir komunikasi matematis, kemampuan berpikir koneksi matematis, kemampuan siswa berpikir kreatif, kemampuan berpikir kritis, kemampuan siswa level analisis, dan kemampuan berpikir siswa pada level mencipta.

5. Materi Logika Matematika

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang kelima yaitu materi logika matematika yang di dalamnya terdapat sub materi mengenai kalimat dan Pernyataan Tabel Kebenaran, Tautologi dan Kontradiksi, Aljabar, Proposisi, Argumen, serta Pembuktian Bersyarat. Dengan indikatornya berupa pemakaian kaidah logika matematika dalam penarikan kesimpulan, pemakaian nilai kebenaran logika matematika, pemakaian nilai kebenaran pernyataan berkuantor, dan pemakaian tautologi atau kontradiksi untuk menyelesaikan masalah.

6. Materi Tentang Aljabar dan Program Linier

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang keenam yaitu Aljabar dan Program Linier yang di dalamnya terdapat sub materi mengenai Persamaan dan Pertidaksamaan, Bentuk Aljabar, Persamaan Linier, Matriks, Vektor di Ruang Dua dan Ruang Tiga, dan Program Linier. Dengan indikatornya berupa pemakaian konten bentuk aljabar, pemakaian vektor dalam bidang untuk menyelesaikan masalah, pemakaian konsep nilai mutlak untuk menyelesaikan masalah pertidaksamaan, pemakaian materi matriks transformasi (translasi, refleksi, dilatasi dan atau rotasi), pemakaian materi perkalian atau invers matriks, pemakaian materi program linier, pemakaian solusi sistem persamaan linier untuk menyelesaikan masalah kontekstual, pemakaian materi determinan matriks, dan menyelesaikan permasalahan terkait polinomial.

7. Materi Tentang Kombinatorika dan Statistika

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang ketujuh yaitu Kombinatorika dan Statistika yang di dalamnya terdapat sub materi mengenai Kaidah Pencacahan, Kombinasi, Permutasi, Teori Peluang, Ukuran Pemusatan dan
Penyebaran Data. Dengan indikatornya berupa pemakaian kaidah kombinasi, kaidah permutasi, ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, kaidah pencacahan, teori peluang, dan kaidah pencacahan untuk menyelesaikan masalah peluang kejadian.

8. Materi Tentang Kalkulus

Kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk guru matematika yang kedelapan yaitu Kalkulus yang di dalamnya terdapat sub materi mengenai Fungsi, Komposisi Fungsi, Fungsi Invers, Limit Fungsi, Turunan, Anti Turunan, Aplikasi Turunan dan Anti Turunan. Dengan indikatornya berupa pemakaian konsep anti turunan, konsep limit fungsi bentuk aljabar, konsep turunan fungsi trigonometri, konsep komposisi fungsi, konsep turunan fungsi, konsep faktor persekutuan, pemakaian materi berkaitan dengan fungsi invers, dan pemakaian teori terkait kekontiunuan fungsi guna menyelesaikan masalah.

Referensi : https://immaku.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :