Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Masih Zaman Bayar Tunai? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital

Promosi
pembayaran via ewallet

Sebelum adanya sistem pembayaran digital, masyarakat masih menggunakan metode offline dengan uang tunai dalam bertransaksi. Namun kini perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan semakin maju, termasuk di dunia financial technology. Anda tidak perlu lagi merogoh-rogoh uang di dalam dompet atau pun datang ke bank terdekat untuk mentransfer uang. Disisi lain ada beberapa pelaku yang memanfaatkan kesempatan di era modern ini dengan melakukan tindakan kriminal seperti penipuan online berkedok mendapatkan hadiah dengan syarat mengirimkan kode otp e-wallet. Namun tenang saja, apabila menemukan penipuan seperti itu anda bisa melaporkannya ke stophoax.id supaya masyarakat bisa terhindar dari kasus penipuan seperti kejadian tersebut.

Di era globalisasi ini, masyarakat telah dikenalkan dengan pembayaran non-tunai atau uang elektronik. Uang elektronik sendiri adalah sejumlah uang yang diubah kedalam bentuk elektronik dan disimpan di dalam media elektronik. Wadah atau media uang elektronik inilah yang disebut dompet digital. 

Dompet digital atau e-wallet adalah aplikasi yang digunakan sebagai media transaksi secara online. Tanpa kartu dan uang tunai, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi melalui ponsel saja. Pembayaran melalui dompet digital dinilai lebih praktis, aman dan menguntungkan. 

Dompet digital kini kian diminati banyak masyarakat sebagai alat transaksi yang praktis dan mudah. Selain digunakan untuk transaksi online, dompet digital juga telah digunakan sebagai alat pembayaran di beberapa kedai fisik. Dompet digital semakin diminati sejak adanya pandemi Covid-19. Untuk menghindari kontak fisik, masyarakat memilih dompet digital sebagai alat transaksi untuk mengurangi menggunakan uang tunai. 

 

ovo

Metode pembayaran dompet digital kian digemari sejak Gopay dan OVO menawarkan banyak promo cashback dan potongan harga di beberapa merchant. Sebelum menggunakan dompet digital, alangkah baiknya apabila Anda kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan dompet digital. 

 

Kelebihan Dompet Digital

Berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan dompet digital di segala transaksi.

  1. Transaksi Lebih Praktis dan Cepat

Dengan dompet digital, proses transaksi lebih cepat hanya dengan menscan barcode yang sudah disediakan tanpa perlu mengeluarkan dompet atau uang untuk melakukan pembayaran. 

  1. Bisa Digunakan Kapanpun dan Dimana saja

Dengan dompet digital, Anda tak perlu keluar rumah karena kegiatan transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimana saja. Mulai dari membeli makanan, membayar tagihan, hingga investasi pun dapat dilakukan dengan dompet digital.

  1. Banyak Promo

Biasanya dompet digital yang memiliki kerjasama dengan suatu merchant akan menyediakan promo atau diskon yang bisa pengguna dapatkan. Hal ini akan menarik pelanggan sehingga semakin banyak orang yang beralih ke dompet digital.

  1. Transaksi Aman

Dengan dompet digital, transaksi menjadi aman karena hanya setiap orang yang memiliki dompet digital harus melewati verifikasi identitas. Selain itu di dalam dompet digital sudah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti PIN, sidik jari, hingga scan wajah. 

  1. Riwayat Transaksi Tercatat Sistem

Setiap transaksi yang menggunakan dompet digital akan otomatis tercatat oleh sistem. Jadi kita dapat melihat riwayat transaksi sehingga memudahkan dalam memantau pemasukan maupun pengeluaran keuangan Anda. 

  1. Terhindar dari Uang Palsu

Penggunaan dompet digital mampu mengurangi peredaran uang palsu. Transaksi yang dilakukan dengan dompet digital tidak perlu menunggu untuk mendapatkan kembalian karena nominal yang ditransaksikan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. 

 

Kekurangan Dompet Digital

Selain kelebihan, dompet digital memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum beralih ke dompet digital.

  1. Dikenakan Biaya Admin 

Dompet digital masih memiliki beban biaya dalam proses transaksinya. Perlu diketahui bahwa nominal biaya transaksi di setiap dompet digital tidak sama.

  1. Pemakaiannya Masih Terbatas

Tidak semua tempat menyediakan fasilitas pembayaran dengan dompet digital. Tempat yang menerima pembayaran dengan dompet digital biasanya adalah yang menjual barang dengan harga menengah ke atas. 

  1. Lebih Konsumtif

Dengan segala kemudahan dompet digital, jelas akan mempercepat Anda untuk membelanjakan uang Anda. Hal ini menjadikan timbulnya sifat konsumtif dan boros.

 

Setelah membaca pembahasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan dompet digital? Jika Anda sudah menggunakan dompet digital, gunakan sesuai kebutuhan dan dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini