Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Mengenal Intrapersonal dan Interpersonal Serta Perbedaannya

Uncategorized

Roda kehidupan tidak akan bisa dipisahkan dengan satu hal, apakah itu? Jawabannya komunikasi. Setiap manusia membutuhkan komunikasi untuk menjaga hidup mereka, tidak terkecuali Anda tentunya.

Kita pasti akan terus berkomunikasi, kenapa? karena kita tidak bisa tidak melakukannya, bahkan ketika Anda sendiri, Anda pasti akan melakukan komunikasi, komunikasi intrapersonal. Dan ketika sedang dalam kelompok (face to face) Anda akan melakukan komunikasi interpersonal.

Nah, sekarang kita akan mengenal Intrapersonal dan interpersonal serta perbedaannya. Untuk awalnya, kita akan membahas pengertiannya.

Intrapersonal

Intrapersonal merupakan komunikasi terhadap diri kita sendiri, dan komunikasi interpersonal adalah komunikasi paling dasar juga murni. Proses memikirkan, menguraikan, menilai dan merasakan peristiwa merupakan komunikasi dalam diri seseorang.

Anda akan menerima pesan lewat telinga, mata, hidung, kulit dan indra lainnya. Anda akan merespon pesan tersebut, tapi sebelum itu Anda akan melakukan komunikasi intrapersonal, dan melakukannya berdasar dari pengalaman yang sebelumnya.

Setiap orang mungkin saja akan berbeda dalam menanggapi pesan, dan ini karena pengaruh pandangan juga pengalaman seseorang yang berbeda.

Komunikasi intrapersonal ini akan terjadi jika seseorang sedang berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Dan tanggapan dari seseorang tergantung komunikasi intrapersonal mereka.

Interpersonal

Interpersonal merupakan komunikasi pertukaran ide, informasi, perasaan pendapat dan lainnya, serta hal ini berkaitan antara peristiwa keluarga, pribadi, sosial, dan ini terjadi pada dua orang. Komunikasi interpersonal sendiri terjadi saat dua orang berada pada sebuah proses komunikasi.

Melakukan komunikasi interpersonal adalah kebutuhan hidup bagi manusia, tidak terkecuali Anda. Orang tidak hanya melakukan komunikasi interpersonal saat di kantor ataupun rumah, mereka juga melakukan saat bepergian, berjalan, bekerja dan lain sebagainya

Berlangsungnya percakapan pribadi biasanya secara tatap muka. Kesimpulannya komunikasi antar pribadi adalah saat dua orang yang sedang bertukar perasaan, pendapat, pandangan tentang suatu masalah.

Perbedaan Intrapersonal dan Interpersonal

Setelah mengenal intrapersonal dan interpersonal sekarang tinggal perbedaannya. Dua jenis dasar komunikasi manusia ini tersebar di segala aspek dari kehidupan manusia. Dan tentu pasti ada perbedaan antara keduanya, dan perbedaannya adalah :

1. Prosesnya

Proses dari komunikasi inilah yang menjadi perbedaan utama antara kedua komunikasi tersebut. Komunikasi interpersonal proses melibatkan pengirim pesan juga penerimanya, dan ini menyangkut dua orang atau bisa lebih. Sedangkan komunikasi intrapersonal adalah kebalikannya, yang hanya melibatkan diri sendiri dalam proses komunikasinya.

2. Jumlah Individunya

Komunikasi interpersonal yang melibatkan dua individu, bahkan bisa lebih dan sudah atau sedang menjalani suatu hubungan. Dan karena memiliki tempat yang istimewa atau khusus menjadikan komunikasinya menjadi berkualitas (bisa berupa dukungan, keterbukaan, berpikiran positif) juga akan diperhatikan.

Dan komunikasi intrapersonal adalah kebalikannya, yang terlibat hanya satu orang saja. Alasannya karena proses komunikasi intrapersonal ada di dalam tubuh individu itu sendiri.

Komunikasi dasar intrapersonal dan interpersonal ini selalu terlaksanakan dalam sehari-hari, karena keduanya sering dilakukan oleh manusia.

Contoh dari Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

1. Komunikasi Intrapersonal

Efektif tidaknya suatu komunikasi ini dipengaruhi oleh proses komunikasi intrapersonal (diri sendiri). Komunikasi merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan suatu komunikasi

Berpikir merupakan salah satu contoh dari komunikasi intrapersonal, dan berpikir sangat sering dilakukan oleh setiap manusia, termasuk Anda juga. Semisal Anda berpikir, apa yang akan dilakukan di hari minggu besok.

2. Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan dilakukan antara dua atau lebih, dan dilakukan secara langsung.

Semisal, Anda sedang duduk di taman menikmati waktu senggang di sore hari, tidak sengaja bertemu dengan kawan lama dan akhirnya terjadilah percakapan. Percakapan yang terjadi tadi tidak direncanakan dan spontan dilakukan.

Contoh lain dari komunikasi interpersonal adalah ketika dua orang yang sedang mengungkapkan curahan hati mereka, pertengkaran antara kakak dan adik, percakapan antara murid dengan guru konseling dan sebagainya.

Tentunya Anda sudah mengenal intrapersonal dan interpersonal, yang keduanya merupakan komunikasi dasar yang dilakukan oleh manusia setiap harinya, tidak terkecuali saat Anda sedang sendiri atau berada dalam suatu kelompok. Selain itu tidak ada satupun manusia yang dapat hidup tanpa adanya sebuah komunikasi. Mungkin sampai disini informasi yang kami sampaikan mengenai komunikasi interpersonal dan interpersonal, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini