Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Misteri Lingkungan Hidup di Bumi yang Belum Terpecahkan

Ahli geologi masih mempertanyakan mengenai lempeng tektonik, ketika Hari Bumi yang diadakan pada tahun 1970, model akan menjelaskan bagaimana terbentuknya permukaan planet manusia.

Banyak teka-teki mengenai bumi, karena bumi sendiri masih diselimuti dengan misteri para ilmuwan maupun ahli geologi belum bisa memecahkannya berdasarkan dari sisi ilmiah maupun sisi sains.

Nah, dibawah ini adalah misteri terbesar di lingkungan hidup Bumi yang belum terpecahkan yang dikutip dari Reader’s Digest antara lain:

1. Asal mula air di Bumi

Di permukaan bumi air mencakup hingga 70% di mana-mana sehingga bumi dijuluki dengan Planet Biru. Akan tetapi dari mana asal air? Lalu mengapa bisa melimpah begitu banyak di planet padahal pada seluruh tata surya hampir tidak ada air?

Sebagian besar para ilmuwan percaya bahwa Bumi merupakan batu kering yang menyatu sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Lalu, dari mana asal bahan kimia esensial H2O ini? Berdasarkan teori ilmiah air datang yang dipenuhi es dalam bentuk beberapa asteroid raksasa.

Berasal dari sistem pengiriman antar bintang dampak dari masif pada 4 miliar tahun lalu. Kemudian dihantam asteroid es dan mengisi reservoir untuk menyimpan air di waduk atau danau, pada periode ini dikenal dengan Late Heavy Bombardment.

Akan tetapi permulaan munculnya air di Bumi masih dipertanyakan karena pada periode tersebut begitu sedikit bukti batuannya.

2. Misteri mengenai oksigen

Oksigen adalah hal yang sangat penting untuk makhluk hidup di Bumi. Karena berdasarkan sains pada 2,4 miliar tahun yang lalu, makhluk Cyanobacteria atau makhluk mikroskopis melepaskan oksigen sebagai produk limbah dan mengisi dengan atmosfer.

Setelah itu tingkat oksigen pada atmosfer secara liar naik turun sekitar 3 miliar tahun yang lalu dan pada akhirnya dapat stabil pada periode Kambrium 540 juta tahun lalu. Akan tetapi apa yang menyebabkan hal tersebut stabil?

Hal ini masih tetap menjadi misteri ilmiah yang terbesar karena belum ditemukan jawaban yang pasti. Jadi belum pasti apakah bakteri tersebut yang meningkatkan udara maupun ada faktor yang lain berkontribusi.

3. Apa isi inti Bumi?

Komposisi inti bumi masih belum terpecahkan sejak tahun 1940 an. Meskipun manusia tampak berhasil mengelilingi bumi, akan tetapi hanya pada permukaannya saja. Ada hal yang lebih banyak pada dalam bumi dibanding dengan permukaan.

Para ilmuwan akan mengukur keseimbangan asli mineral esensial planet dengan adanya meteorit sebagai proksi serta mencatat zat yang hilang. Seharusnya nikel dan besi tidak ada pada kerak bumi melainkan di inti.

Namun, berdasarkan pengukuran gravitasi sekitar 1950 an memperkirakan itu tidak benar karena jika seperti itu makan inti bumi akan terlalu ringan. Hingga saat ini para ilmuwan masih menebak elemen mana yang menyebabkan kepadatan di bawah kaki kita.

4. Bagaimana terbentuknya bulan?

Para ilmuwan belum yakin bagaimana terbentuknya bulan. Banyak yang percaya awal mula munculnya bulan karena tabrakan antara bumi dengan proto planet seukuran Mars yang sedikit lebih kecil.

Pada teori ini tidak ada konsensus universal karena tidak terungkap dengan baik pada beberapa penelitian detail. Akan tetapi sampel dari misi Apollo menunjukkan bahwa komposisi kimia bulan hampir mirip dengan Bumi.

Hal ini menunjukkan mungkin bulan bukan benda yang terpisah akan tetapi terbentuk dari bongkahan bumi. Teori ke-3 ini menyatakan bahwa bulan merupakan benda yang ditarik ke orbit Bumi karena terpisah bukan dari peristiwa tabrakan terpisah.

Hal ini lah yang menjelaskan mengapa yang menghadap kita hanya pada satu sisi bulannya saja.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai misteri terbesar lingkungan hidup di Bumi yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot