Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Pesona Danau Kaolin yang Mengagumkan di Wisata Belitung

Pulau belitung merupakan sebuah pulau yang ada di Bangka Belitung yang memiliki banyak tempat wisata, sebagian besar wisata yang ada ialah pantai yang memiliki pemandangan indah. Namun, tidak hanya itu saja ada juga wisata selain pantai salah satunya ilah danau kaolin yaitu bekaspertambangan kaolin yang kini sudah di jadikan tempat wisata dengan pesona air biru seperti air lautan yang dalam.

Banyak pengunjung yang yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan langsung bagaimana indahnya dan menakjubkannya danau kaolin. Maka tak heran jika danau ini menjadi Tour Belitung yang wajib dikunjungi. Nah, untuk mengenal danau kaolin lebih dalam dan apa saja hal yang mengagumkan di sana, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Danau Kaolin

Sesuai dengan namanya danau kaolin merupakan wisata alam bekas pertambangan kaolin yang sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 1971, saat ini bekas tambang itu tidak terbengkalai begitu saja karena sudah dijadikan tempat wisata. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melihat pemandangan alam dari danau yang memiliki air biru dengan bebatuan putih yang mengelilinginya sehingga dapat memikat mata yang melihatnya.

Memang pemandangan danau kaolin dibilang hampir mirip dengan danau yang ada di Islandan atau kawah putih Ciwidey mungkin karena airnya yang jernih bagaikan cermin yang sedang memantulkan awan. Lokasi danau kaolin ada di Jl.Raya Gedung ,desa NIbung, kab. Bangka Tengah, di Kepulauan Bangka Belitung. Hanya butuh waktu 10 menit dari kota Tanjung Pandan jika Anda ingin berkunjung.

Meskipun danau ini bekas pertambangan tapi tidak berbau belerang, bahkan airnya tidak panas seperti di kawah putih Ciwidey. Jika Anda berkunjung ke danau kaolin juga diharapkan harus berhati-hati, karena tanah yang ada di pinggir danau terkadang tidak stabil bisa ambles saat di pijak biasanya karena sering turun hujan. Namun, Anda tidak perlu khawatir penjaga danau in sudah memberi plang atau pembatas di daerah yang berbahaya dan rawan untuk menjaga keselamatan pengunjungnya.

Banyak spot foto yang bagus ada di danau kaolin untuk mengabadikan momen liburan Anda, seperti berfoto di atas batuan putih dengan memperlihatkan birunya air danau dan akan berada di tempat asing atau bahkan dikira sedang berlibur ke luar negeri. Selain itu, di sekitar danau juga ada banyak pepohonan yang tumbuh, padahal tempat ini dulu cukup bahaya karena memiliki kandungan mineral yang beracun tapi masih banyak tumbuhan yang dapat hidup dengan baik seolah-olah sudah berdamai dengan tempat ini.

Tiket Masuk Danau Kaolin?

Sebelum liburan Anda pasti akan memikirkan biaya uang yang akan dikeluarkan. Namun, untuk liburan ke danau kaolin Anda tidak perlu pusing memikirkan akan mengeluarkan banyak uang karena harga tiket masuk masih tergolong murah hanya Rp 10.000,00 saja Anda sudah bisa melihat pemandangan indah dengan udara yang sejuk dan untuk biaya parkir berbeda dengan tiket masuk. Sedangkan untuk jam buka dan tutup danau sesuai dengan waktu daerah setempat yaitu pukul 07.30 sampai pukul 18.000.

Fasilitas yang Ada di Danau Kaolin

Ada banyak fasilitas umum yang diberikan pengelola danau untuk menunjang kebutuhan yang sekiranya dibutuhkan pengunjung saat berwisata di danau kaolin, inilah beberapa fasilitas yang diberikan.

Tempat Penginapan
Bagi Anda yang berniat berlibur ke danau ini tapi jauh dari tempat tinggal, Anda tidak perlu khawatir karena di wisata ini menyediakan penginapan dengan tarif yang terjangkau sekitar Rp 150.000,00 sampai Rp 250.000,00 untuk lokasi penginapan juga cukup dekat dari danau kaolin.

Toilet Umum
Ada toilet umum juga jika Anda ingin membuang air jadi tidak perlu was-was memikirkan apakah ada toilet umum yang disediakan. Tentu saja, penjaga memberikan fasilitas yang nyaman untuk pengunjungnya. Apalagi toilet menjadi tempat yang paling dicari ketika seseorang sedang berpergian.

Tempat Makan
Setelah menghabiskan waktu untuk berkeliling melihat pemandangan yang ada disekitar danau pasti perut akan merasa lapar. Tenang saja, di sekitar danau juga menyediakan tempat makan yang menyajikan makanan yang enak khas belitung seperti mi belitung, siput gonggong, sambal lingkung, berego atau makanan ringan lainnya, namun tempat makan tidak cukup besar.

Pusat Oleh-Oleh
Tidak afdol jika setelah liburan tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang bukan? Nah, di sekitar danau ada beberapa toko yang menjual berbagai oleh-oleh seperti makanan ringan kerupuk kemplang, ikan asin jambal, dodol khas belitung, keripik siput, keripik sukun dan masih banyak lagi berbagai makanan khas belitung.

Jadi, itulah pesona danau kaolin yang mengagumkan di wisata belitung. Pasti sekarang Anda sudah tahu kan hal apa saja yang ada disana? Maka cobalah untuk berkunjung berlibur bersama keluarga, teman, atau rekan kerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :