Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Tentang Kami

Tentang SMAN 31 Jakarta

SEJARAH SEKOLAH

SMAN 31 Jakarta berdiri kokoh sejak tahun 1978 di tengah gemerlapnya Provinsi DKI Jakarta, menawarkan sejarah panjang sebagai salah satu lembaga pendidikan negeri yang disegani. Dari waktu ke waktu, sekolah ini telah menjadi pelopor dalam pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek akademis, tetapi juga pembentukan karakter yang kokoh bagi para siswa.

Sebagai salah satu dari sepuluh sekolah terpilih di Indonesia yang terlibat dalam Proyek Schulen, Partner der Zukunft bersama Pemerintah Jerman melalui Goethe-Institut, SMAN 31 Jakarta telah menjalin kemitraan global yang kuat. Melalui program-program seperti Winterkurs dan Sommerkurs di Jerman, sekolah ini memberikan pengalaman internasional yang berharga bagi siswa, sambil memperkaya pemahaman antar budaya antara Indonesia dan Jerman.

Perjalanan kurikuler SMAN 31 Jakarta juga mencerminkan komitmennya dalam mengikuti perkembangan zaman. Dari penerapan KTSP pada tahun 2007 hingga beralih ke Kurikulum 2013 pada tahun 2013, sekolah ini terus beradaptasi untuk memberikan pendidikan yang relevan dan berdaya saing. Pada tahun 2023, langkah berani diambil dengan mengadopsi kurikulum merdeka, yang tidak lagi membatasi siswa dalam pemilihan jurusan, sehingga mereka siap menghadapi tantangan global di masa depan.

EKSTRAKURIKULER

EKSTRAKURIKULER SMAN 31 JAKARTA

SMA Negeri 31 Jakarta cukup terkenal di DKI Jakarta karena aktivitas kegiatannya, baik dibidang intrakulikuler maupun ekstrakurikuler cukup memuaskan dan dikenal oleh masyarakat. Prestasi lain yang telah dicapai oleh SMA Negeri 31 Jakarta untuk jurusan bahasa SMA Negeri 31 mendapat kesempatan rangking III di DKI Jakarta dan hampir setiap tahunnya mengirimkan tiga orang siswa ke Negara Jerman.

SMA Negeri 31 mempunyai 30 kelas belajar dengan jumlah murid 1150 orang, 101 guru dan karyawan, 30 guru honor, 45 guru tetap. Saat ini SMA Negeri 31 terus berbenah agar bisa kembali menjadi SMA unggulan seperti tahun – tahun awal berdirinya.

Kegiatan_Pramuka_IMG-20181027-WA0011

Pramuka

Kegiatan Pramuka

seni Tari

Tari tradisional

Juara_Futsal_IMG-20180115-WA0001-1

Futsal

Juara futsal

Kegiatan_paskibra_31_Screenshot_2017-09-03-00-50-14-1

Paskibra

Kegiatan Paskibra

Hubungi kami apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut

Sanggar 16

TUJUAN MGMP RAYON/SANGGAR 16

Pengelolaan kegiatan MGMP yang berada di lingkungan RAYON/SANGGAR MGMP 016 DKI Jakarta memiliki tujuan membantu dalam pencapaian hal-hal tersebut dibawah ini :

  1. Musyawarah Kepala Sekolah bertujuan menumbuh kembangkan kerjasama Kepala Sekolah untuk mencapai efisiensi, efektifitas dan peningkatan mutu pembelajaran;
  2. Menumbuh kembangkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam proses belajar mengajar;
  3. Meratakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan belajar mengajar, sehingga dapat menunjang usaha peningkatan pemerataan mutu pendidikan;
  4. Menampung segala permasalahan yang dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari cara penyelesaiannya yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran guru, sekolah dan lingkungan;
  5. Membantu guru dalam upaya memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar;
  6. Membantu guru memperoleh informasi teknik edukatif yang berkaitan dengan kegiatan kebijaksanaan pengembangan kurikulum dalam mata pelajaran yang berkaitan;
  7. Saling tukar informasi dan saling tukar pengalaman dalam pengembangan metode teknik mengajar.
NAMA-NAMA SEKOLAH RAYO/SANGGAR 16 JAKARTA TIMUR

SMA Negeri 21

Jakarta

SMA Negeri 22

Jakarta

SMA Negeri 31

Jakarta

SMA Negeri 36

Jakarta

SMA Muhammadiyah 11

Jakarta

SMA Al-Hikmah

Jakarta

SMA Al-Ghuraba

Jakarta

SMA Muhammadiyah 12

Jakarta

Gratis Konsultasi

SMAN 31 Jakarta

SMAN 31 Jakarta

Artikel Terbaru

Ayo baca berita terbaru dari sekolah kami