Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan + Gaji nya

7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan + Gaji nya

Bidang Teknik Lingkungan telah menjadi salah satu disiplin yang sangat relevan dalam menghadapi tantangan lingkungan global saat ini. Lulusan Teknik Lingkungan menjadi peran krusial dalam merancang solusi berkelanjutan untuk perlindungan lingkungan hidup dan memastikan pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana. Dengan penekanan yang semakin meningkat pada keberlanjutan dan kelestarian lingkungan, prospek karir bagi lulusan Teknik Lingkungan semakin menjanjikan.

Artikel ini akan menjelaskan tujuh jalur karir utama yang tersedia bagi lulusan Teknik Lingkungan, dari konsultan lingkungan hingga manajer proyek, beserta perkiraan gaji yang dapat mereka harapkan dalam berbagai peran tersebut. Mari telaah lebih dalam mengenai setiap peluang karir yang menarik dan penting bagi Anda yang telah menjadi lulusan teknik lingkungan. 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan 

Teknik Lingkungan merupakan cabang ilmu teknik yang berfokus pada pengelolaan dan perlindungan lingkungan alam serta manusia. Teknik Lingkungan menawarkan berbagai peluang prospek kerja yang menarik di berbagai sektor, mulai dari industri dan konsultan lingkungan. 

Melalui pemahaman yang mendalam tentang tantangan lingkungan global dan solusi berkelanjutan, lulusan Teknik Lingkungan siap untuk berkontribusi secara signifikan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan teknik lingkungan.

1. Asisten Tenaga Ahli

Asisten Tenaga Ahli di bidang Teknik Lingkungan adalah prospek kerja yang mendukung aktivitas pemantauan dan manajemen lingkungan dalam berbagai proyek konstruksi atau konservasi. Anda akan bekerja sama dengan tenaga ahli senior untuk mengumpulkan data lapangan, melakukan analisis yang mendalam terhadap dampak lingkungan dari kegiatan proyek, dan menyusun laporan yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk prospek kerja Asisten Tenaga Ahli mencakup latar belakang pendidikan lulusan diploma 4 dan sarjana S1 untuk jurusan teknik lingkungan, planologi fisika, kimia, biologi, teknik sipil, dan kesehatan masyarakat. Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki sertifikat KTPA/ATPA/pernah kursus AMDAL

Selain memiliki sertifikat resmi, kualifikasi lainnya yakni Anda dikhususkan mempunyai kemampuan untuk menguasai teknik desain dari berbagai aplikasi seperti ArcGIS, AutoCAD, Drone. Sebagai pendukung aktivitas manajemen lingkungan Anda harus memiliki rasa tanggung jawab, memiliki sistem orientasi kerja, memiliki keinginan belajar, memiliki skil khusus seperti mengendarai mobil, menggambar, dan mengetik dengan cepat. 

Menjadi bagian dari prospek kerja di Asisten Tenaga Ahli tugas pekerjaan yang harus Anda kerjakan yakni seperti membuat draft dokumen awal, mengedit dan perbaikan dokumen, serta mengambil sampel dan survey lapangan sebagai bahan penunjang dokumen.

2. Lingkungan Perizinan

Lingkungan Perizinan, adalah prospek kerja yang memerlukan pemahaman mendalam tentang prosedur perizinan lingkungan, termasuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), untuk mengevaluasi serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Anda akan bekerja sama dengan tim proyek, klien, dan otoritas regulasi untuk menyusun dokumen perizinan yang lengkap dan sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku.

Untuk masuk ke prospek kerja di lingkungan perizinan, Anda memerlukan beberapa kualifikasi seperti lulusan diploma teknik lingkungan atau sarjana S1 teknik lingkungan, tidak hanya itu Anda diwajibkan memiliki sertifikat kompetensi AMDAL dan Anda juga harus memiliki pengalaman dalam penyusunan AMDAL, selain itu Anda diharapkan dapat bekerja sama dengan baik secara individu maupun tim. 

Tugas pekerjaan yang harus Anda kerjakan lingkungan perizinan yaitu mengevaluasi rencana proyek atau kegiatan untuk mengidentifikasi potensi dampak lingkungan yang mungkin terjadi, mengkoordinasikan dengan tim internal dan eksternal untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan untuk analisis AMDAL, dan masih banyak lainnya. 

3. Plantation Health Safety and Environment 

Profesi Plantation Health Safety and Environment menjadi prospek kerja yang cerah di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan lingkungan di berbagai sektor industri. Dengan pengetahuan mendalam mengenai keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, Anda akan dapat menawarkan solusi-solusi strategis untuk mengurangi risiko kesehatan terhadap paparan lingkungan. 

Kualifikasi yang dibutuhkan di prospek kerja Plantation Health Safety and Environment mencangkup gelar sarjana S1 jurusan pertanian, kehutanan, teknik lingkungan dan kesehatan masyarakat, tidak hanya itu Anda harus memiliki pengalaman lima tahun sebagai HSE Superintendent di bidang perkebunan, menguasai sistem manajemen lingkungan dan K3, dan memahami manajemen pengendalian kebakaran hutan dan lahan

Selain kualifikasi prospek kerja Plantation Health Safety and Environment juga memiliki jobdesk yang harus dikerjakan seperti menyusun sistem manajemen keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, menyusun dan melaksanakan program kesehatan keselamatan kerja, melakukan pengelolaan pemantauan lingkungan, serta bertanggung jawab terhadap fire management.

4. Staff Teknik Lingkungan

Staff Teknik Lingkungan menjadi prospek kerja yang menjanjikan di sektor konsultansi lingkungan. Dengan peningkatan kesadaran akan keberlanjutan dan perlunya mematuhi regulasi lingkungan yang ketat, permintaan akan tenaga kerja dalam bidang teknik lingkungan terus meningkat. Sebagai Staff Teknik Lingkungan, Anda akan memiliki peluang untuk terlibat dalam berbagai proyek lingkungan yang mencakup pengelolaan air limbah, pengendalian polusi udara, dan implementasi strategi pengurangan limbah.

Prospek kerja staf teknik lingkungan menyediakan beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh Anda yakni menjadi lulusan S1 teknik lingkungan, memiliki sertifikat keahlian (SKA) teknik lingkungan/KTPA/ATPA/diklat amdal, dan mampu berkoordinasi dengan baik. Sebagai staff teknik lingkungan, tanggung jawab pekerjaan Anda meliputi pengumpulan dan analisis lingkungan, pemeliharaan sistem lingkungan, pemantauan lingkungan, dan konsultasi internal.

5. Staff Pest Control

Staff Pest Control merupakan prospek kerja yang penting dalam industri layanan dan manajemen lingkungan. Prospek kerja staff pest control sangat diperlukan untuk mengatasi masalah hama yang dapat merugikan kesehatan manusia, ekonomi, dan lingkungan. 

Untuk memulai karir di prospek kerja staff pest control, Anda membutuhkan kualifikasi seperti pendidikan minimal D3 kesehatan lingkungan dan teknik lingkungan, memiliki pengalaman sebagai operator pengendalian hama, usia Anda maksimal 29 tahun, dan mempunyai pengetahuan mengenai dasar teknik dan program pengendalian hama.

Tugas utama prospek kerja staff pest control yakni melaksanakan kegiatan pengendalian hama di lingkungan perusahaan sesuai dengan program IPM yang telah ditetapkan dan melaksanakan pemantauan sanitasi di lingkungan perusahaan sesuai dengan persyaratan program IPM.

6. Safety Officer

Safety Officer adalah salah satu prospek kerja yang paling krusial dalam memastikan lingkungan kerja yang selalu aman dan sehat bagi semua orang di tempat kerja. Safety Officer bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, dan memantau kebijakan serta prosedur keselamatan yang memastikan operasi berjalan lancar dan lingkungan yang aman.

Sebelum memasuki prospek kerja safety officer Anda diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan utama yakni usia maksimal masuk prospek kerja safety officer hanya sampai 35 tahun, pendidikan minimal D3 atau sarjana di jurusan kesehatan keselamatan kerja, dan teknik lingkungan.

Memasuki prospek kerja safety officer tanggung jawab pekerjaan yang harus dikerjakan yakni mematuhi setiap prosedur kerja, pedoman teknis dan persyaratan K3LL yang aman sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, bertanggung jawab untuk keselamatan kesehatan kerja bagi Anda dan orang lain, baik pada saat di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja dan masih banyak jobdesk lainya. 

7. Hse Officer 

HSE Officer menjadi salah satu prospek kerja yang paling penting dalam menjaga keberlanjutan dan lingkungan keselamatan di tempat kerja. Prospek kerja kerja HSE Officer  bertujuan untuk memastikan bahwa lingkungan kerja aman dari segi kesehatan dan keselamatan bagi semua karyawan serta mematuhi peraturan lingkungan yang berlaku.

Prospek kerja HSE Officer menawarkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh Anda sebelum masuk ke prospek kerja HSE Officer, ketentuan yang harus dipenuhi yakni minimal pendidikan D3 di bidang teknik lingkungan dan kesehatan keselamatan tenaga kerja, memiliki sertifikat Ahli K3 Umum yang masih aktif, sertifikat terkait Sustainability, Environment dan Sistem manajemen K3L, mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, hingga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. 

Sebagai HSE Officer, peran Anda meliputi sejumlah tanggung jawab krusial dalam menjaga keamanan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan kerja di berbagai sektor industri. Tanggung jawab pekerjaan Anda di prospek kerja HSE Officer yaitu analisis kecelakaan lingkungan, audit keselamatan dan jobdesk lainya.

Gaji Lulusan Teknik Lingkungan

Gaji bagi lulusan Teknik Lingkungan bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk pengalaman kerja, kualifikasi pendidikan, lokasi geografis, serta industri tempat mereka bekerja. Secara umum, lulusan Teknik Lingkungan memiliki potensi untuk memperoleh kompensasi yang kompetitif karena peran mereka yang penting dalam merancang solusi berkelanjutan. Berikut ini gaji prospek kerja dari Asisten Tenaga Ahli hingga HSE Officer  jurusan teknik lingkungan. 

1.  Asisten Tenaga Ahli

Asisten Tenaga Ahli dengan gaji berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 9.000.000, Anda bertanggung jawab dalam mengembangkan dan menerapkan kebijakan serta program-program terkait lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. 

2. Lingkungan Perizinan

Lingkungan Perizinan dengan gaji berkisar antara Rp 9.500.000 hingga Rp 14.000.000, Anda akan berfokus untuk mengelola dan memfasilitasi proses perizinan lingkungan untuk proyek-proyek industri atau pembangunan. Lingkungan Perizinan menjadi prospek kerja terlibat langsung dalam memastikan kepatuhan perusahaan dengan aturan lingkungan.

3. Plantation Health Safety and Environment

Plantation Health Safety and Environment dengan gaji berkisar antara Rp 20.000.000 hingga Rp 28.000.000, Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola kebijakan kesehatan, keselamatan, dan lingkungan di perkebunan.

4. Staff Teknik Lingkungan

Staff Teknik Lingkungan dengan gaji berkisar antara Rp 4.600.000 hingga Rp 6.440.000, Anda akan terfokus untuk mendukung implementasi serta pemantauan program lingkungan perusahaan. Di dalam Staff Teknik Lingkungan Anda akan bertugas untuk mengumpulkan data, melakukan analisis lingkungan, serta menyusun solusi teknis untuk masalah-masalah lingkungan yang mungkin timbul.

5. Staff Pest Control

Staff Pest Control dengan gaji berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000, peran Anda yakni bertujuan untuk pengelolaan dan penanganan masalah pengendalian hama di lingkungan kerja. Anda akan bertugas untuk mengidentifikasi jenis-jenis hama, menerapkan strategi pengendalian yang efektif, serta melakukan pemantauan teratur untuk memastikan lingkungan bebas dari gangguan hama yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan. 

6. Safety Officer

Safety Officer dengan gaji berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 7.000.000, peran Anda akan terfokus pada menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja. Anda juga aktif dalam melaksanakan inspeksi rutin untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur keselamatan, memberikan pelatihan kepada karyawan mengenai praktik-praktik kerja yang aman, dan menyelidiki insiden kecelakaan.

7.  HSE Officer

HSE Officer dengan gaji berkisar antara Rp 9.500.000 hingga Rp 14.000.000, peran Anda yaitu bertujuan pada pengawasan dan implementasi kebijakan kesehatan, keselamatan, dan lingkungan kerja. Selain itu, Anda akan bertanggung jawab untuk melakukan inspeksi teratur, mengidentifikasi potensi bahaya, serta mengembangkan strategi untuk mengurangi resiko kecelakaan dan dampak lingkungan.

Lulusan Teknik Lingkungan memiliki peluang yang luas di berbagai sektor industri, mulai dari konsultan lingkungan hingga pengelolaan limbah. Gaji yang mereka terima juga cukup kompetitif, terutama dengan pertumbuhan kesadaran akan perlunya pelestarian lingkungan yang semakin meningkat. Bagi yang berminat dalam bidang teknik lingkungan, investasi untuk pendidikan dan pengalaman profesional dapat membuka banyak pintu karir yang menarik dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :