Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

6 kampus Jurusan Ilmu Gizi Terbaik (S1 & S2)

jurusan ilmu gizi

Ilmu Gizi mempelajari hubungan antara makanan, nutrisi, dan kesehatan. Bidang ini mencakup berbagai aspek mulai dari pemahaman tentang kebutuhan nutrisi tubuh manusia, pengelolaan diet, hingga peran nutrisi dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

Menyadari pentingnya peran nutrisi dalam menjaga kesehatan tubuh, banyak institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang menawarkan program studi Ilmu Gizi baik di jenjang S1 maupun S2. Artikel ini akan mengulas enam kampus terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan Ilmu Gizi unggulan, yang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendalami bidang ini secara akademis dan profesional.

Rekomendasi Jurusan Ilmu Gizi S1 

Beberapa universitas di Indonesia menawarkan program studi Ilmu Gizi yang terkemuka, dengan berbagai keunggulan masing-masing. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa universitas yang memiliki jurusan Ilmu Gizi S1 terbaik di Indonesia untuk Anda.

1. S1 Jurusan Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin

Sejak resmi dibuka pada tanggal 22 September 2005, Program Studi Ilmu Gizi di Fakultas Kesehatan Universitas Hasanuddin telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dengan akreditasi “Unggul”, program ini menawarkan pendidikan berkualitas yang mencakup berbagai aspek ilmu gizi. Prestasi mahasiswa dalam berbagai kegiatan internasional semakin mengukuhkan posisi Program Studi Ilmu Gizi FKM Unhas di kancah global. Misalnya, beberapa mahasiswa berhasil mengikuti Sakura Science Program di Jepang, menunjukkan kemampuan dan kompetensi mereka di tingkat internasional.

Selain itu, mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi FKM Unhas juga aktif dalam berbagai konferensi dan kongres internasional. Mereka tampil di Asian Congress of Nutrition (ACN) 2019, serta berpartisipasi dalam ACN 2015 di Pacifio Yokohama, Jepang. Tidak hanya itu, mereka juga mengikuti Batch by Ristek dan Jice di Tokyo dan Kamamoto, Jepang pada tahun 2014 dan International Conference (Global Trends in Academic Research) di Bandung, Indonesia pada tahun 2016. 

2. S1 Jurusan Ilmu Gizi Universitas Brawijaya

Program Studi S1 Ilmu Gizi di Universitas Brawijaya secara resmi berdiri pada tanggal 27 Februari 2004, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Tinggi No. 1031/J/T/2004. Program ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran dan didukung penuh oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) serta Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDM). Dengan akreditasi A, program studi ini menjamin kualitas pendidikan yang unggul bagi para mahasiswanya.

Jurusan Ilmu Gizi Universitas Brawijaya memiliki berbagai fasilitas laboratorium yang dapat menunjang pendidikan Anda. Laboratorium yang tersedia, seperti Laboratorium Penyelenggaraan Makanan dan Nutritional Assessment. Prestasi yang diraih oleh mahasiswa jurusan ini sangat membanggakan, di antaranya juara 1 Global Competition for Life Sciences, juara 1 Youth International Science Fair 2011, juara 1 Malaysia Technology Expo 2022, dan juara 1 Nursing Scientific Festival Fikes UB 2022. Berkat berbagai prestasi ini, Program Studi S1 Ilmu Gizi semakin diakui baik di tingkat nasional maupun internasional.

3. S1 Jurusan Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor

Program Studi S1 Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor (IPB) diresmikan pada tanggal 10 Januari 2005 dan menjadi program studi ilmu gizi pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang masih berlaku hingga saat ini. Program ini juga telah tersertifikasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) untuk periode 2015-2019, menunjukkan komitmen IPB terhadap kualitas pendidikan yang tinggi.

Fasilitas yang tersedia di program studi ini meliputi berbagai laboratorium seperti Lab. Divisi Gizi Dasar, Lab. Divisi Gizi Terapan, dan Lab. Divisi Manajemen Makanan dan Kesehatan Lingkungan, yang mendukung kegiatan belajar mengajar serta penelitian.

Mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Gizi IPB telah meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa prestasi yang menonjol antara lain adalah delegasi universitas di Cohort X Virginia Tech University (USA), Java Overland Varsities English Debating Championship, Indonesia Model United Nations mewakili Negara Solomon Islands, dan juara 2 di Concerto English Debating Championship.

Rekomendasi Jurusan Ilmu Gizi S2

Mempelajari Ilmu Gizi pada tingkat S2 agar dapat membantu Anda memahami lebih dalam tentang nutrisi manusia dan mengembangkan solusi-solusi terbaru untuk mengatasi tantangan kesehatan global. Berikut beberapa rekomendasi kampus S2 Jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia, bagi Anda yang ingin melanjutkan program studi S2 Ilmu Gizi.

4. S2 Jurusan Ilmu Gizi Universitas Diponegoro

universitas diponegoro

Program Magister Ilmu Gizi Universitas Diponegoro telah berdiri sejak tahun 2001 dengan didirikannya Program Studi Magister Gizi Masyarakat. Program ini bertujuan untuk melatih sarjana dalam bidang gizi agar menjadi ahli magister. Pada tahun 2010, nama program studi ini kemudian diubah menjadi Magister Ilmu Gizi, menandai fokus baru dalam pengembangan ilmu gizi yang lebih luas.

Prestasi akademik Program Magister Ilmu Gizi Universitas Diponegoro juga tercatat dalam publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional ternama seperti International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences dan Current Diabetes Reviews. Hal ini menunjukkan komitmen program dalam menghasilkan penelitian yang berdampak luas dalam bidang kesehatan dan gizi secara global.

5. S2 Jurusan Ilmu Gizi Universitas Indonesia

universitas indonesia

Program Studi Magister Ilmu Gizi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah berdiri sejak era 1980-an. Dibuka resmi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan kini Program ini sudah terakreditasi “Unggul”, pada tanggal 25 September 1993. Saat ini, program ini menawarkan dua peminatan utama: Gizi Klinik dan Gizi Komunitas. Peminatan Gizi Komunitas telah dikelola secara kolaboratif dengan SEAMEO-RECFON (South East Asian Ministers of Education Organization – Regional Center for Food and Nutrition) sejak tahun 2000.

Peminatan Gizi Komunitas ini telah meraih berbagai penghargaan prestisius, termasuk Best Verbal Commendation dalam BinusMUN 2023, Juara 1 dalam Kompetisi Essai Jakarta Youth Summit 2022, dan Honourable Mention as an Outstanding Delegate pada Prague MUN Conference 2023. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen program untuk memberikan pendidikan gizi berkualitas tinggi yang tidak hanya akademis tetapi juga berprestasi dalam forum internasional.

6. S2 Jurusan Ilmu Gizi Universitas Sebelas Maret

universitas sebelas maret

Program Studi S2 Ilmu Gizi di Universitas Sebelas Maret merupakan pilihan ideal bagi mereka yang tertarik dalam menggali lebih dalam tentang gizi manusia dan klinis. Didirikan berdasarkan SK DIKTI Nomor 3554/D/T/2001, program ini telah meraih akreditasi Unggul. Dengan fokus pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, program ini terbagi menjadi dua peminatan utama: Human Nutrition yang mengkaji gizi masyarakat, dan Clinical Nutrition yang menitikberatkan pada pencegahan dan penanganan gizi klinik.

Program ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga membanggakan prestasi internasional seperti penghargaan dalam kompetisi presentasi oral di Konferensi Obat Herbal Internasional serta pengakuan sebagai penyaji terbaik dalam presentasi video. Dengan demikian, S2 Ilmu Gizi di Universitas Sebelas Maret tidak hanya menjamin pendidikan yang mendalam, tetapi juga memupuk inovasi dan keunggulan dalam bidang gizi modern.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Ilmu Gizi ?

Jurusan Ilmu Gizi mempersiapkan Anda untuk memahami secara mendalam tentang hubungan antara makanan, nutrisi, dan kesehatan manusia. Mata kuliah yang ditawarkan mencakup berbagai aspek esensial terkait gizi dan kesehatan. Di antara mata kuliah yang penting adalah Biokimia Gizi, yang mempelajari komponen-komponen kimia dari makanan dan pengaruhnya terhadap tubuh manusia. Ilmu Bahan Pangan memfokuskan pada studi komposisi bahan pangan dan cara mereka mempengaruhi kesehatan. Selain itu, Mikrobiologi Pangan mengajarkan Anda tentang mikroorganisme yang berperan dalam pangan serta bagaimana mengelolanya untuk menjaga keamanan pangan.

Sosiologi Gizi membahas faktor sosial yang mempengaruhi kebiasaan makan dan nutrisi masyarakat. Patofisiologi Gizi membahas gangguan kesehatan yang terkait dengan defisiensi atau kelebihan nutrisi. Prinsip-prinsip Ilmu Gizi memberikan dasar teoritis tentang konsep-konsep penting dalam ilmu gizi, sementara Teknologi Pengolahan Pangan membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam pengolahan dan pengawetan makanan. Antropologi Gizi mengeksplorasi aspek budaya dan perilaku manusia dalam konteks konsumsi makanan dan nutrisi. 

Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Gizi (S1 & S2)

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di bidang ini, informasi berikut akan membantu Anda memahami rincian biaya yang perlu dipersiapkan. Dengan mengetahui estimasi biaya ini, Anda dapat lebih mudah merencanakan keuangan dan memastikan bahwa investasi Anda dalam pendidikan Ilmu Gizi berjalan lancar.

Nama Kampus

Biaya Kuliah

Nama Jurusan

Universitas Hasanuddin UKT Jalur SNMPTN & SBMPTN Rp 500.000 – Rp 6.000.000 per semester 

UKT Jalur Mandiri Rp 6.000.000 dan Dana Pengembangan Rp 60.000.000

Jurusan S1 Ilmu Gizi
Universitas Brawijaya UKT Jalur SNMPTN & SBMPTN Rp 500.000 – Rp 6.750.000 per semester 

UKT Jalur Mandiri Rp 5.400.000 – Rp 53.250.000 per semester 

Jurusan S1 Ilmu Gizi
Institut Pertanian Bogor UKT per semester Rp 2.400.000 – Rp 11.000.000 Jurusan S1 Ilmu Gizi
Universitas Diponegoro SPP Rp 10.000.000 

SPI Rp 18.000.000

Jurusan S2 Ilmu Gizi
Universitas Indonesia Kelas Reguler UP Rp 17.600.000

BOP Rp 13.750.000 per semester

Kelas Khusus UP Rp 22.000.000

BOP Rp 19.500.000 per semester

Jurusan S2 Ilmu Gizi
Universitas Sebelas Maret UKT per semester Rp 8.050.000 

SPI Rp 5.000.000

Jurusan S2 Ilmu Gizi

Keenam kampus terbaik untuk Jurusan Ilmu Gizi ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas, tetapi juga peluang besar untuk mengembangkan diri Anda dan berkontribusi dalam dunia kesehatan masyarakat. Dengan mempertimbangkan keunggulan akademik, serta berbagai fasilitas, dan peluang kerja yang luas, keenam kampus ini membuktikan diri sebagai destinasi unggulan untuk Anda yang ingin mengejar pendidikan dan karier dalam Ilmu Gizi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :