Lokasi

Jl. Kayu Manis Timur No.17, Jakarta Timur

Telepon

021 8508 665

Email

info@sman31jakarta.sch.id

Sejarah Pengembangan Tenaga Surya di Dunia

Solar Panel Untuk rumah : Sejarah Tenaga Surya

Seperti yang Anda ketahui, bahwa solar panel untuk rumah merupakan salah satu hasil dari pengembangan tenaga surya di Dunia. Hal itu pun tak lepas dari eksperimen yang telah ditempuh oleh beberapa peneliti di Dunia. Dengan langkah-langkah gigih ilmuwan, insinyur, dan visioner, teknologi tenaga surya kini menjadi salah satu kontributor utama dalam pengembangan tenaga surya.

Sejarah Tenaga Surya

Sejarahdan perkembangan Teknologi surya

Menurut catatan sejarah, jejak awal teknologi panel surya ternyata telah ada sejak abad ke-18. Ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan tenaga surya yaitu Alexandre Edmund Becquerel. Dalam eksperimennya yang menggetarkan dunia ini, beliau berhasil menghasilkan konsep dasar teknologi melalui penelitian cermat melalui penyinaran dua elektroda menggunakan beragam spektrum cahaya. Hasil eksperimen ini muncul dalam bentuk efek fotovoltaik yang mengemuka.

Mengurai akar kata, istilah “fotovoltaik” merujuk pada gabungan “foto” yang mengartikan cahaya serta“voltaik” yang mengarah pada tegangan listrik. Dengan seperti itu dapat disimpulkan bahwa fotovoltaik ini menggambarkan perubahan cahaya menjadi energi listrik. Namun demikian, energi listrik yang dihasilkan pada saat itu masih sangat minim dan rentan terhadap kepunahan.

Kemudian, pada tahun 1876 terjadi langkah signifikan dalam pengembangan teknologi panel surya. Seorang pendidik bernama William Grylls Adam dan salah satu muridnya memperkuat penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa terdapat selenium yang merupakan salah satu material padat. Dengan adanya eksperimen tersebut dapat membuktikan bahwa energi listrik dapat diperoleh dari cahaya meskipun pada saat itu masih sangat terbatas.

Tak hanya sampai disitu saja, penegmbangan tenaga surya di Dunia masih terus berlanjut. Pada tahun 1904 dilakukannya penelitian yang dinamakan dengan efek fotolistrik. Eksperimen tersebut dilakukan oleh ilmuwan yang namanya sudah tidak asing lagi yaitu Albert Einstein. Namun, untuk kemajuan yang sangat signifikan terjadi pada tahun 1941 ketika seorang peneliti bernama Russel Ohl berhasil merancang dan mematenkan teknologi solar cell. Karena itu Ohl dikenal sebagai perintis dalam menentukan teknologi ini, dan inovasinya pun terus bertahan hingga saat ini.

Dalam prosesnya, diperlukan bahan yang sangat penting yaitu silikon. Inti dari fungsi panel surya terletak pada bahan semikonduktor seperti silikon yang ada di dalamnya. Ketika silikon berinteraksi dengan cahaya matahari, fenomena reaksi terjadi dan menghasilkan energi listrik yang dapat dipergunakan. Peran Ohl dalam mengidentifikasi potensi konversi energi cahaya menjadi listrik melalui teknologi panel surya telah memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan sumber energi terbarukan yang berkelanjutan.

Perkembangan Teknologi Tenaga Surya

Dalam konteks ini, kami akan mengulas perkembangan dalam teknologi tenaga surya dan hal yang dihasilkan dari adanya perkembangan tersebut. Anda dapat menyimak berikut ini untuk mengetahuinya.

Kendaraan Tenaga Surya

Salah satu pencapaian penting dalam bidang ini adalah pengembangan mobil tenaga surya yang memiliki panel surya terintegrasi ke dalam struktur kendaraan. Panel surya ini mampu menghasilkan listrik yang digunakan untuk mengisi baterai kendaraan, meningkatkan jarak tempuh dan efisiensi energi. Dengan seperti itu pun pemakaian minyak bumi dapat dikurangi dengan terciptanya mobil yang ramah lingkungan.

Namun, masih terdapat tantangan yang harus diatasi terkait kendaraan panel surya. Efisiensi konversi energi cahaya ke listrik masih menjadi isu, terutama saat kendaraan berada dalam kondisi yang kurang terpapar sinar matahari. Namun terdapat hal yang dapat membantu mengatasi masalah ini seperti penggunaan baterai berkemampuan tinggi dan sistem manajemen energi yang pintar.

Jaket Tenaga Panel Surya

Dengan mengambil panel surya kecil namun efisien, jaket ini dapat menyerap energi cahaya matahari kemudian mewujudkannya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Panel surya yang disatukan dengan rapi pada jaket tersebut dirancang dengan memperhatikan estetika, sehingga tidak mengganggu tampilan secara keseluruhan. Desain yang baik ini dapat menggambarkan bahwa teknologi tenaga surya telah mengalami peningkatan.

Selain kemampuannya yang menghasilkan energi, jaket ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi jejak karbon dan ketergantungan pada sumber daya energi konvensional. Dengan menggunakan energi matahari yang bersih dan terbarukan, jaket tenaga surya dapat menjadi langkah untuk gaya hidup yang lebih baik serta mengindahkan lingkungan.

Drone Tenaga Surya

Drone tenaga surya menjadi contoh nyata bagaimana kemajuan pemanfaatan sumber energi terbarukan dapat menjadi solusi yang inovatif. Perlu Anda ketahui bahwa dahulu hampir seluruh produk drone hanya bisa terbang sekitar dua puluh menit saja. Dalam hal ini, pemanfaatan sumber energi terbarukan dilakukan untuk menambahkan waktu terbang drone tersebut.

Karena itu, drone tenaga surya memiliki keunggulan utama yaitu kemampuannya yang dapat terbang dalam waktu lebih lama daripada drone baterai konvensional. Energi matahari yang terus menerus tersedia memungkinkan drone tersebut menjalankan misi lebih lama tanpa perlu kembali ke pangkalan untuk mengganti baterai.

PLTS

Perkembangan PLTS ini merupakan perkembangan yang hasilnya sering dipakai oleh masyarakat. Salah satu aspek utama dari perkembangan teknologi PLTS adalah peningkatan efisiensi panel surya. Teknologi baru dalam material semikonduktor dan desain panel telah memungkinkan konversi energi matahari menjadi listrik dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Dulunya memang dianggap mahal dan tidak praktis, namun sekarang panel sekarang dapat menghasilkan daya listrik yang signifikan bahkan dengan cahaya matahari yang lemah.

Selain itu, PLTS ini juga memungkinkan panel surya untuk diintegrasikan dengan bangunan secara lebih baik, seperti pada atap surya dan jendela surya. Sehingga tidak hanya meningkatkan estetika bangunan, tetapi Solar Panel Untuk Rumah juga untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang yang tersedia untuk menghasilkan energi bersih.

Secara keseluruhan, perkembangan teknologi tenaga surya telah mengalami kemajuan yang luar biasa. Dengan peningkatan efisiensi, kemajuan dalam penyimpanan energi, inovasi desain, dan penurunan biaya produksi, teknologi ini memiliki potensi besar dalam menyediakan sumber energi bersih dan berkelanjutan untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

Ada Pertanyaan

Apabila ada informasi lain yang ingin anda ketahui, silahkan hubungi kontak di bawah ini

Didukung Oleh :

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot